You are here

Transplantasi Rambut (Hair Transplantation) - Keterangan

Apa Transplantasi (cangkok) Rambut itu ?
Yaitu suatu teknik pemindahan rambut dari daerah yang berambut cukup ke daerah kepala yang mengalami kebotakan dari orang yang sama. Pada umumnya daerah kepala yang berambut paling lebat dan relatif tidak  mengalami proses kebotakan adalah bagian belakang, sehingga seringkali daerah tsb dijadikan sebagai donor. Metode pemindahan dilakukan dengan teknik mini-micrograft atau follicular unit transplantation, sehingga hasil akhir setelah rambut tumbuh akan sangat mendekati alamiah / natural.

Ada 2 metode hair transplant yang dapat kami lakukan:

  1. Metode Strip Technique yaitu metode lama sebagaimana yang banyak dilakukan di berbagai Negara hingga saat ini.
  2. Partial Longitudinal-Follicular Unit Transplantation yang menggunakan stemcell dari rambut pasien sendiri di daerah donor sehingga disebut juga Hair Stemcell Transplantation.

 

1. Metode Strip Technique

Apakah obat-obatan/laser/segala peralatan yang ada dapat menggantikan tindakan transplantasi rambut?
80-90% kebotakan pada pria disebabkan oleh faktor genetik. Hal serupa terjadi pula pada wanita, namun tanpa disertai perubahan garis batas rambut melainkan berupa penipisan rambut bagian atas. Pada Kebotakan karena faktor genetik terjadi proses miniaturisasi (pengecilan) akar/folikel rambut secara bertahap sampai hilang sama sekali. Ini merupakan proses 1 arah dan tidak mungkin dikembalikan ke kondisi semula dengan pengobatan/peralatan apapun ! Makin mengecil akar/folikel rambutnya, makin mengecil pula kapasitas tumbuh rambutnya, sehingga makin terbatas/halus rambut yang tumbuh! Maka segala jenis obat/peralatan yang ada hanya akan memberikan hasil yang sangat terbatas atau tidak sama sekali.

Apakah rambut yang ditanam akan tumbuh normal dan tidak akan rontok kembali?
Rambut yang dicangkok baru mulai tumbuh normal 3 bulan setelah penanaman (masa adaptasi ditempat baru adalah 3 bulan) dan rambut tersebut akan tetap tumbuh normal dan mempunyai sifat yang sama dengan asal dari mana rambut tsb diambil. Misalnya bila donor berasal dari kepala bagian belakang, maka rambut yang dipindahkan ke bagian yang botak akan memiliki sifat dan ketahanan yang sama seperti rambut kepala bagian belakang, dan tidak akan mengikuti proses kerontokan / kebotakan dari sisa rambut yang mungkin masih berlangsung di daerah yang botak tersebut. Perlu diketahui pula bahwa selama masa adaptasi 3 bulan, rambut yang dicangkok dapat mengalami kerontokan, namun hal ini tidak perlu dikuatirkan karena akar rambutnya tetap hidup dan tetap akan menumbuhkan rambut baru.

Apakah pengambilan rambut di daerah donor tidak menimbulkan kebotakan baru?
Transplantasi rambut baru dapat dilaksanakan bilamana rambut daerah donor memenuhi persyaratan, baik jumlah, kepadatan maupun kualitasnya. Setiap kali transplantasi, diambil rambut berikut akar dan medianya seluas yang dibutuhkan, setelah itu dirapatkan kembali sedemikian rupa sehingga nyaris tidak berbekas. Bila diperlukan pengambilan donor dapat dilakukan lebih dari sekali dengan tanpa meninggalkan bekas berarti ataupun kebotakan. Hal tersebut dimungkinkan karena elastisitas kulit kepala.

Adakah hal-hal yang perlu dipersiapkan pasien sebelum transplantasi ?

Ada diet khusus yang perlu diikuti oleh pasien selama 1 minggu sebelum transplantasi. Tujuan pengaturan diet ini adalah untuk mengantisipasi agar darah yang keluar selama proses transplantasi menjadi minimal. Selain itu perlu pula dilakukan pengecekan fisik dan darah seminggu sebelum transplantasi untuk mengetahui adanya kemungkinan menderita penyakit/kelainan tertentu, misalnya gangguan pembekuan darah, kencing manis, hipertensi, dsb. Untuk pasien yang berasal dari luar kota harus sudah tiba di Jakarta minimal sehari sebelum transplantasi, karena istirahat yang cukup diperlukan sebelum tindakan dilakukan. Sebaiknya konsumsi obat-obatan dihentikan 1 minggu sebelum transplantasi, khususnya aspirin atau obat-obatan pengencer darah lain yang biasa dikonsumsi penderita kelainan jantung, obat flu yang mengandung aspirin, vitamin E, food supplement.
Perlu juga diketahui bahwa pasien tidak diperkenankan mengendarai mobil sendiri pada saat pulang sesudah transplantasi.

Berapa lamakah proses transplantasi itu berlangsung ?
Transplantasi rambut tidak hanya dilakukan oleh seorang dokter, tetapi dibantu oleh team transplantasi yang berjumlah 4-5 orang. Waktu yang dibutuhkan untuk setiap kali penanaman sekitar 4 – 5 jam dan pasien tetap dalam keadaan sadar. Makin tinggi tingkat kepatuhan pasien melaksanakan instruksi sebelum transplantasi, akan makin sedikit darah yang keluar, ini berarti proses transplantasi akan semakin cepat selesai.

Sakitkah Transplantasi Rambut itu ?
Tidak, karena transplantasi dilakukan dengan pembiusan lokal. Banyak orang tertidur selama proses penanaman, ini menandakan tidak adanya rasa sakit berarti pada yang bersangkutan.

Apakah pasien boleh langsung pulang ataukah harus menginap (one day care) sesudah transplantasi ?
Pasien boleh langsung pulang tanpa bebat sedikitpun di kepala. Khusus untuk pasien-pasien dari luar kota/negeri dianjurkan untuk tinggal di Jakarta selama 1 minggu sesudah transplantasi, sehubungan dengan kontrol yang harus dilakukan

Adakah efek samping yang akan terjadi setelah transplantasi ?
Sebenarnya transplantasi rambut bukanlah suatu operasi besar yang mengandung banyak risiko, tetapi merupakan tindakan kosmetis yang sangat aman. Efek yang timbul setelah penanaman adalah hal-hal yang normal terjadi pada setiap transplantasi rambut dan semuanya bersifat sementara, misalnya : pembengkakan minimal pada wajah tanpa rasa nyeri yang biasa mulai terjadi pada hari ke 2 atau ke 3 setelah penanaman dan berlangsung selama 5-7 hari (lebih sering terjadi pada transplantasi daerah depan kepala), kadang-kadang disertai memar ringan sekitar mata yang akan hilang dalam beberapa hari, rasa kebas pada daerah donor atau resipien, rasa nyeri ringan pada daerah donor yang menyerupai nyeri setelah operasi kecil.

Hal-hal apakah yg perlu dilakukan pasien sesudah transplantasi rambut ?
Selama seminggu sesudah transplantasi pasien tidak diperkenankan mencuci rambutnya sendiri. Pencucian rambut dilakukan oleh salah seorang dari team transplantasi pada hari ke 2, ke 4 dan ke 8. Pasien sudah diperbolehkan mencuci rambutnya sendiri setelah 1 minggu, dengan menggunakan shampoo antiseptik.

Bagaimana dengan penggunaan obat-obatan/vitamin penumbuh/penyubur rambut, cat rambut, kosmetik rambut yang lain sesudah transplantasi ?
Untuk mempercepat pertumbuhan rambut yang ditanam biasanya diberikan obat-obatan / vitamin / food supplement khusus untuk rambut. Pengecatan rambut atau penggunaan kosmetik rambut yang lain boleh dilakukan sebaiknya 3 bulan setelah penanaman yaitu setelah rambut tersebut mulai tumbuh normal.

Selain rambut kepala, apakah bulu mata dan alis dapat di transplantasi?
Dapat! Bahkan kumis dan rambut di sekitar organ vital sekalipun! Transplantasi rambut juga dapat dilakukan di bagian kepala atau tempat2 lain yang botak akibat kecelakaan atau luka bakar, bergantung pada intensitas cacadnya.

 

2. Partial Longitudinal-Follicular Unit Transplantation (Hair Stemcell Transplantation)

Partial Longitudinal-Follicular Unit Transplantation yang menggunakan stemcell dari rambut pasien sendiri di daerah donor sehingga disebut juga Hair Stemcell Transplantation.

Keuntungan dari cara ini :

  • jumlah rambut yg ditanam bisa lebih banyak dalam 1 x treatment dibandingkan metode konvensional
  • sejak awal sampai pasca transplantasi hampir tidak ada rasa sakit sama sekali
  • tidak ada operasi sebagaimana pada strip technique
  • tidak ada scar/cacat sama sekali (scarless Hair Transplantation)
  • pembengkakan wajah akibat anestesi lokal umumnya tidak ada.
  • jumlah rambut didaerah donor tidak berkurang karena metode ini adalah metode penggandaan
  • dapat dilakukan pada pasien dg kebotakan yang sangat luas atau dengan donor rambut yang terbatas sekalipun.

Metode ini adalah metode mutakhir yg saat ini tercanggih didunia yang selain dilakukan di Jakarta juga di Maastricht, Amsterdam, London dan Vienna.